By -

Mahasiswi Polimedia Kreatif Timba Ilmu Bisnis dari Manchester City

Tidak banyak yang tahu kalau belajar dari klub bola terkenal di UK ternyata menimba hikmah yang tidak terduga. Pada kesempatan berkunjung ke stadion Etihad yang merupakan markas Manchester City Football Club pada tanggal 23 November lalu, mahasiswi program studi Desain Mode di Polimedia Kreatif, Vicky Sherina Firdausy, belajar bagaimana klub sepak bola tersebut memanfaatkan segala peluang bisnis tidak hanya untuk kemajuan klub namun juga untuk perekonomian kota Manchester.
Dia mengungkapkan, kesempatan mengunjungi Manchester City ini memberikan pengalaman untuk bekal di masa depan.
“Setelah kunjungan itu, saya mendapat banyak insight mengenai proses bisnis dan strategi perusahaan serta pemasaran. Semoga pengalaman yang saya dapat bisa menjadi bekal untuk masa depan dan dapat diterapkan di industri dimana saya bekerja nantinya,” ungkap Vicky pada Selasa, 13/12/2022.
Kesempatan ini didapatnya melalui program Indonesian International Student Mobility Awards edisi Vokasi (IISMAVO) di Coventry University. Vicky menempuh studi selama 4 bulan di bawah bimbingan Professor Benny Tjahjono, Professor of Sustainability and Supply Chain Management, Centre for Business in Society (CBiS).

Metode belajar yang berbeda di Coventry University

Vicky mengungkapkan bahwa metode pembelajaran di dalam kelas lebih banyak menerapkan metode diskusi kelompok dan flipped class dimana mahasiswa mempelajari modul pembelajaran terlebih dahulu kemudian mendiskusikan hal yang telah mereka pelajari sebelumnya di kelas.

“Metode belajarnya berbeda dengan di universitas saya. Kalau disini lebih banyak diskusi dan flipped class. Saya jadi tebiasa untuk berpikir kritis dan mendapat insight baru dari teman-teman yang lain juga,” ujarnya.

Vicky mengikuti IISMAVO skema B (Industrial Class-Based + Industrial Experience). Beberapa kelas yang Vicky ikuti selama berada di Coventry University yaitu Circular Economy, Business Writing Skills, Contemporary Issues in Enterprise and Management, serta Global Leaders Programme (GLP). Di program ini, Vicky dapat berinteraksi dengan mahasiswa internasional lainnya sehingga memberikan kesempatan kepada Vicky untuk memperkenalkan budaya Indonesia. Hal ini selaras dengan tujuan MBKM dimana mahasiswa dibebaskan untuk menimba ilmu di bidang baru yang dipelajari. Selain kegiatan kelas Vicky juga mengikuti kegiatan crafting society atau ekstrakurikuler kerajinan tangan dengan tujuan untuk memperluas jejaring, sekaligus mempelajari keterampilan baru.

Kunjungan Industri
Dalam program Pride of Britain Tour sebagai bagian dari skema B yang ditawarkan oleh Coventry University, Vicky dan 41 awardees lainnya berkunjung ke Morgan Motor Company, Jaguar Land Rover, Brompton Bikes, MINI, JCB, serta Triumph Motorcycles.
“Saya sangat beruntung dapat menyaksikan secara langsung proses pembuatan produk berkelas dunia menggunakan robot dan mesin canggih lain yang belum pernah saya lihat sebelumnya,” pungkas Vicky.
Tidak hanya sebatas mengunjungi perusahaan, mereka juga diminta untuk mengobservasi perusahaan-perusahaan tersebut, khususnya terkait competitive strategy serta leadership style mereka, dan menulis laporan setelahnya. Dengan demikian mahasiswa diharapkan dapat menyerap ilmu sebanyak-banyaknya untuk dibawa pulang dan diterapkan di Indonesia nanti.
“Ini merupakan life changing experience dan banyak ilmu bermanfaat yang saya peroleh dari IISMAVO. Saya berharap kegiatan seperti IISMAVO ini terus berlanjut dan semakin banyak mahasiswa Indonesia yang berkesempatan untuk belajar ke luar negeri,” ucap Vicky menutup ceritanya.

Sumber : | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan | Sumber : Elshinta.com