By -

Polimedia Perkuat Produksi Teknik Cetak untuk Siswa SMK

Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) melakukan Pelatihan Berbasis Produksi Melalui Teknik Cetak Offset untuk siswa SMK sebagai penguatan pra PKL pada Dunia Usaha dan Industri. Pelatihan tersebut dilakukan oleh tim Pengabdian kepada Masyarakat di Kampus Polimedia, Jakarta.

“Pelatihan ini merupakan bagian pembinaan Polimedia kepada SMK agar siap dalam melaksanaan PKL di dunia industri” jelas Ketua Pengabdian kepada Masyarakat, Yessy Yerta Situngkir.

Pelatihan ini dibagi menjadi 3 bagian, yakni Pra Cetak, Cetak dan Pasca Cetak. Siswa yang hadir diberikan pelatihan secara kilat dari awal hingga tercipta produk cetakan tersebut. Siswa dilatih dalam persiapan cetak dalam menyiapkan bahan dan alat, penyetelan mesin, ukuran kertas, gramatur, penyetelan warna, register posisi, register warna, cetak coba dan cetak masal.

“Siswa dilatih dari awal hingga akhir, sehingga diharapkan nanti bisa mempermudah siswa dalam melaksanakan PKL di industri” jelas Yessy.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini melibatkan Dosen Polimedia, Antina Latif dan PLP Polimedia, Sarip Hidayat. Selain itu dalam pelaksanaannya juga melibatkan mahasiswa, Win Win Tri Aditya sehingga dapat melaksanakan tridharma secara utuh antara dosen, laboran, dan mahasiswa.

Polimedia yang sebelumnya merupakan Pusat Grafika Indonesia atau Pusgrafin memiliki sumber daya yang kompeten baik pengajar, instruktur, dan laboratorium atau bengkel. Oleh karena itu, di Polimedia terdapat Prodi Teknik Grafika, Teknik Kemasan, dan Teknik Pemeliharaan Mesin.