By -

Polimedia dan Indofood CBP Luncurkan Teaching Factory Teknologi Pengemasan

Jakarta (30/08/2023) Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) bersama PT Indofood CBP Sukses Makmur meresmikan pembelajaran berbasis industri atau lebih dikenal dengan Teaching Factory. Peluncuran ini merupakan hasil tindak lanjut kerja sama yang telah dilakukan sejak tahun 2021.

“Soft launching Teaching Factory ini menjadi langkah terkini Polimedia terkait kolaborasi bersama industri yang semakin baik dan membantu kami dalam mempersiapkan SDM unggul dan terampil” jelas Direktur Polimedia, Tipri Rose Kartika di Gedung Produksi Polimedia, Jakarta.

Rangkaian kerja sama dimulai dengan memberikan kompetensi teknis dasar yang menyelaraskan kurikulum dengan industri. Selanjutnya kurikulum tersebut meningkatkan kualitas dari pembelajaran dan SOP yang tepat sehingga dapat dilaksanakan dengan efisien. Magang industri juga turut mengembangkan kemampuannya secara hardskill dan softskill. Sehingga Teaching Factory ini merupakan wujud dari tahapan sebelumnya, sehingga dibutuhkan kolaborasi yang kuat.

“Awalnya kami bercita-cita membuat sekolah kemasan, ternyata ada Polimedia yang memiliki bidangnya langsung, dari itu kita berangkat untuk bekerja sama” kata Wakil Divisi PT Indofood CBP Sukses Makmur, Johanes Julia.

Hingga saat ini, PT Indofood CBP Sukses Makmur telah merekrut lulusan Polimedia sebanyak 16 orang. Ke-16 orang tersebut merupakan hasil penjaringan saat melaksanakan magang industri di divisi Flexible kemasan PT Indofood CBP sukses makmur. Ini memberikan bukti bahwa kerja sama tidak hanya diatas kertas, melainkan proses yang berkelanjutan, sampai penyerapan lulusan.

“Teaching Factory ini merupakan proses kolaborasi yang baik antara akademik dengan industri, sehingga kerjasama yang diharapkan dari hulu ke hilir dapat berkelanjutan” kata plt. Direktur Mitras DUDI, Kemdikbudristek, Uuf Brajawidagda saat membuka peluncuran Teaching Factory Polimedia.

PT Indofood CBP Sukses Makmur menjadi salah satu capaian kerja sama yang telah teraktualisasi sampai terbentuknya teaching factory. Hingga awal tahun 2023, Polimedia telah melakukan penandatanganan kerja sama kepada lebih dari 46 mitra Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). Pada tahun selanjutnya, diharapkan semakin banyak mitra industri yang membangun Teaching Factory bersama Polimedia. Tujuannya agar lulusan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi dapat dihilirasi dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Humas Polimedia
08111 669 695