By -

Expo Hingga Lomba Kreatif Mahasiswa Meriahkan Rangkaian Dies Natalis Polimedia ke-15

Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) menggelar serangkaian kegiatan pada Dies Natalis ke-15 yang sudah dimulai sejak 7 Oktober 2023. Perlombaan antar mahasiswa politeknik se-Indonesia hingga “Expo Program Mahasiswa Wirausaha 2023” juga dilaksanakan.

“Rangkaian kegiatan ini memang kita fokuskan di area Kampus Polimedia, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, mulai 9 – 11 Oktober 2023. Ini sekaligus untuk lebih memperkenalkan Polimedia kepada masyarakat luas,” kata Direktur Polimedia Dr. Tipri Rose Kartika, di lokasi acara, Senin (9/10/2023).

Direktur yang akrab disapa Ocha ini berharap, kegiatan ini bisa memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, sikap dan jiwa wirausaha (entrepreneurship) serta menciptakan calon pengusaha muda berpendidikan tinggi dan tangguh dalam persaingan global.

Lebih lanjut Ocha mengungkapkan, expo tersebut diikuti oleh 19 kampus Politeknik dari berbagai wilayah di Indonesia.

Menurut Ocha, expo ini juga merupakan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha.

“Melalui PMW, kami mendorong munculnya wirausahawan dari mahasiswa pada setiap Program Studi, Politeknik Negeri Media Kreatif menyelenggarakan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Tahun 2023,” katanya.

Diharapkan kata dia, program ini mampu mendukung visi-misi pemerintah yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 dan Kampus Merdeka untuk pengembangan wirausaha baru dalam mewujudkan kemandirian bangsa melalui pengembangan pendidikan, pelatihan dan praktik kewirausahaan.

Pada kesempatan yang sama Sekjen Badan Koordinasi Mahasiswa (Bakorma) Candra Irawan, menyatakan selain melaksanakan lomba, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk lebih memperkenalkan kegiatan kampus Politeknik kepada masyarakat luas. Oleh karena itu, kegiatan ini juga sebenarnya terbuka untuk umum.

“Kedepan, kami juga akan mengundang siswa SMA/SMK untuk bisa ikut menghadiri acara ini, sehingga mereka nantinya juga ada ketertarikan untuk melanjutkan pendidikan ke Politeknik,” ujarnya.

Dia juga mengungkapkan, saat ini Bakorma memiliki 65 anggota dari kampus Politeknik seluruh Indonesia yang terdiri 44 Politeknik Negeri dan sisanya swasta. Bahkan lintas kementerian juga bergabung di Bakorma seperti Poltekkes dan sebagainya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Kegiatan Freddy Yakob, mengatakan salah satu tujuan kegiatan ini juga sebagai sebuah wadah yang luar biasa untuk memamerkan inovasi dan semangat kewirausahaan mahasiswa.

“Expo Program Mahasiswa Wirausaha 2023″ akan menampilkan total 67 kelompok mahasiswa, mewakili seluruh Program Studi yang ada oleh Polimedia,” katanya.

Dia mengatakan, kelompok-kelompok mahasiswa berprestasi ini merupakan penerima bantuan hibah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dengan empat kategori menarik, yaitu: Teknologi dan Digitalisasi (4 Kelompok): Para mahasiswa ini akan mempresentasikan solusi teknologi canggih dan inovasi digital dengan potensi untuk merevolusi industri.

Industri Kreatif (20 Kelompok): Kategori ini akan menyoroti bakat luar biasa di bidang kreatif, dengan proyek-proyek terkait seni, desain, dan lainnya.

Jasa dan Perdagangan (17 Kelompok): Pengusaha di kategori ini akan memamerkan inisiatif dalam sektor jasa dan perdagangan, mulai dari bisnis e-commerce hingga penawaran layanan unik.

Makanan dan Minuman (20 Kelompok): Pecinta kuliner akan menyajikan kreasi kuliner lezat mereka, mulai dari resep-resep unik hingga inovasi foodtech.

“Kami juga mengundang anggota media, profesional industri, dan masyarakat umum untuk bergabung bersama dalam merayakan semangat kewirausahaan dan bakat mahasiswa Polimedia di “Expo Program Mahasiswa Wirausaha 2023.” Mari bersama-sama kita menjelajahi potensi luar biasa yang menunggu di dunia kewirausahaan,” ujarnya.

Pada kesempatan ini lanjut Freddy, mereka juga memperlombakan berbagai kegiatan oleh mahasiswa, di mana setiap mahasiswa bisa berkompetisi dan memberikan yang terbaik.

“Ada 9 kategori yang diperlombakan yakni lomba majalah kampus, media online, video dokumenter, newsletter, news anchor, digital poster, painting poster, street photography dan fashion photography,” ujarnya.