By -

7 Alasan Kenapa Kamu Memilih Teknik Pemeliharaan Mesin Polimedia

Jika saat ini kamu masih mencari dan bingung memilih prodi untuk lanjut kuliah, Teknik Pemeliharaan Mesin bisa menjadi prodi yang kamu pilih. Prodi Pemeliharaan Mesin termasuk rumpun ilmu teknik Mesin. Yang menjadi pertimbangan kamu memilih untuk lenjut kuliah adalah sangat masih jarangnya tenaga pemeliharaan mesin ditengah banyaknya insudtri yang terus tumbuh dan bertambah banyaknya mesin pada industri di Indonesia, sehingga permintaan industri akan tenaga ahli di bidang Pemeliharaan Mesin sangat tinggi dan setelah kamu lulus ingin melanjutkan kuliah sangat banyak prodi yang linier seperti teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin, mesin manufaktur, mesin konversi energi, mesin otomotif.

Alasan masuk prodi teknik pemeliharaan mesin

Semua orang memiliki alasan masing-masing dalam memilih prodi untuk kuliah. Alasan penting kita pilih adalah peluang kebutuhan Industri untuk bekerja atau usaha setelah kamu lulus. Berikut ini adalah alasan yang penting menjadi pertimbangan kamu pilih:

1. Melanjutkan keilmuan yang telah di pelajari

Jika kamu lulusan dari sekolah menengah kejuruan (SMK) terutama teknik mesin, maka sangat cocok jika kamu melanjutkan kuliah di prodi teknik pemeliharaan mesin. Dengan masuknya kamu di prodi pemeliharaan mesin, pengetahuan dasar yang sudah kamu dapatkan sebelumnya bisa menjadi bekal mempelajari ilmu teknik mesin di polimedia.

2. Suka dengan ilmu mesin dan desain/perancangan mesin

Seseorang sangat bisa masuk di prodi pemeliharaan mesin ketika memiliki minat bidang mesin atau kekaguman ia pada teknologi mesin, meskipun ia bukan berasal dari SMK teknik mesin seperti SMA dan lainnya.

3. Masa pendidikan yang sebentar

Ketika kamu memilih teknik pemeliharaan mesin di polimedia, dengan masa kuliah hanya 3 tahun saja maka kamu sudah bisa lulus dan bisa mencari pekerjaan yang kamu minati dan sesuai dengan keilmuan di industri atau berwiraswasta

4. Prospek karir yang menjanjikan

Terus bertumbuhnya industri tentunya sangat terkait dengan bertambahnya jumlah mesin diindustri. Oleh karena itu, sangat membutuhkan tenaga ahli yang dapat merawat dan memperbaiki mesin. Bekerja sesuai dengan bidang ilmu dan minat di dunia kerja akan membuat kamu lebih percaya diri dan berdampak positif.

5. Peluang gaji yang tinggi

Peluang gaji yang bisa didapatkan oleh lulusan pemeliharaan mesin terbilang tinggi. Sebagai contoh untuk lulusan D3 adalah maintenance supervisor atau engineering supervisor yang bertugas menyusu penjadwalan perawatan atau penyebab menurunnya ketahanan part atau masa pakai part mesin dan rencana kerja

6. Ilmu teknik mesin terus berkembang pesat

Alasan memilih prodi teknik pemeliharaan mesin Polimedia selanjutnya adalah karena teknologi  di bidang teknik mesin terus berkembang. Jika kamu memilih teknik pemeliharaan mesin, ada 5 cabang ilmu yang akan kamu pelajari Maintenance, Konstruksi Mesin, Produksi, Material konversi energi dan desain/rekayasa (dengan software CAD)

7. Dosen Praktisi

Selain oleh dosen internal Polimedia, mahasiswa teknik peliharaan mesin juga diberikan pengajaran, praktikum dan pembimbingan oleh dosen-dosen praktisi dari industri, jadi mahasiswa akan mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang teknologi mesin-mesin yang ada di industri. Seperti yang saat ini sudah ada adalah dosen praktisi PT.Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk, PT. Adhi Karya dan PT. Paramount Bed.

Nah, itulah beberapa alasan masuk Teknik Pemeliharaan Mesin Polimedia yang mungkin bisa membantumu untuk memantapkan hati untuk memilih prodi  dari rumpun ilmu teknik yang satu ini.