Polimedia Pertajam Link and Match Industri lewat Magang Dosen

Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) wujudkan link and match melalui program Magang Dosen Vokasi ke Industri yang digagas oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Kemdikbudrsitek Kemendikbudristek. Program magang ini memperkuat sinergi antara perguruan tinggi vokasi dengan industri, terutama dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan lulusan.

“Program magang dosen vokasi ini menjadi langkah nyata, bahwa sinergi tidak hanya sekadar di atas kertas saja” jelas Direktur Polimedia, Purnomo Ananto saat acara Workshop Nasional Think Business, Think Custom: Meningkatkan Product Value melalui Desain secara daring (11/11/2021).

Workshop yang diadakan oleh Lazuardy Printing ini merupakan kolaborasi antara Kemdikbudristek, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Program Studi Desain Mode Polimedia, APKOMINDO, dan Print Media Indonesia. Dalam workshop ini berisikan tentang sinergi yang dilakukan oleh perguruan tinggi dan industri sehingga dapat secara bersama-sama menghasilkan SDM yang unggul dan berdaya saing tinggi. Dihadiri lebih dari 200 peserta dari seluruh Indonesia, workshop juga dilanjutkan dengan kegiatan pembuatan produk custom di bidang fesyen.

Owner Lazuardy Printing, Indah Dwi Yulianti mengatakan bahwa program ini membuka sebuah peluang usaha baru dan berdampak dalam meningkatkan kualitas dari produk yang dihasilkan melalui desain custom. Selain itu di sisi lain juga diharapkan lulusan Polimedia, khususnya desain mode mampu melakukan wirausaha agar dapat menyerap tenaga kerja.

“Workshop ini membuka peluang dan meningkatkan kualitas produk desain custom, Polimedia pasti bisa menelurkan lulusan yang berwirausaha” jelas Dwi.

Magang dan Tridharma
Salah satu dosen penerima program, Ince Dian Aprilyani Azir menyatakan jika program ini tersebut dapat meningkatkan kualitas dosennya itu sendiri. Tercatat output dari magang ini ada jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional, dan Modul English Reading and Vocabulary for Fashion pembelajaran dalam bentuk buku, serta Hak Cipta untuk modul tersebut.

“Melalui program ini sudah ada dua jurnal nasional dan internasional, sertq serta modul untuk pembelajaran dengan hak ciptanya” jelas Ince.

Magang dosen vokasi ke industri ini juga tidak hanya menjalankan program dari kementerian saja, melainkan juga sebagai wujud tridharma perguruan tinggi yang mencakup pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Ince menegaskan bahwa program seperti ini dapat membentuk kegiatan tridharma yang efektif dan efisien.

“Magang ini tidak hanya tentang kerja sama saja, namun juga bisa menghasilkan produk tridharma dengan efektif dan efisien” ucap Ince.

Ince berharap, program ini akan terus berkesinambungan dan dimanfaatkan sepenuhnya oleh dosen di Polimedia. Sehingga link and match yang digaungkan oleh Dirjen Pendidikan Vokasi bisa meningkatkan kualitas hard skill dan soft skill lulusan perguruan tinggi vokasi.

“Harapannya semoga semakin banyak Dosen Polimedia yang bisa ikut terpilih dan berpartisipasi di program dosen magang ke industri” tutup Ince.

Humas Polimedia
[email protected]
www.polimedia.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *