Industri Kreatif dan Digital Berkembang Pesat, Polimedia Siapkan SDM Mumpuni

JAKARTA – Teknologi digital mampu meningkatkan kreativitas anak bangsa, terbukti subsektor fashion, kriya dan kuliner paling menguasai sebesar 97% dari total usaha di bidang industri kreatif . Untuk itu, Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) yang memilikli Visi “Menjadi Perguruan bidang Industri Kreatif” siap mencetak sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

Direktur Polimedia, Dr Purnomo Ananto mengatakan, dalam melaksanakan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, Polimedia telah melakukan penyempurnaan kurikulum bersama mitra industri dan pelatihan-pelatihan bagi dosen, tenaga Pranata Laboratorium Pendidikan maupun tenaga kependidikan untuk meningkatkan kompetensi.

Polimedia juga terus menambah arana prasarana pendukung pembelajaran berupa Laboratorium Komputer, peralatan mesin, studio dan bengkel untuk praktik mahasiswa. Disamping mendorong mahasiswa yang akan magang/praktik industry diPerusahaan-perusahaan yang telah menjalin kerja sama dengan Polimedia baik dari BUMN, BUMD maupun perusahaan swasta nasional.

“Sampai saat ini sudah lebih 200 mitra yang sudah menandatangani MoU dengan Polimedia. Baik dengan Perguruan Tinggi di dalam dan Luar Negeri, Pemerintah baik di Pusat maupun daerah, Perusahaan-perusahaan baik BUMN,BUMD dan perusahaan bahkan UMKM dan Hotel (untuk Jurusan Pariwisata),” kata Purnomo dalam keterangan tertulis, Jumat (30/4/2021).

Salah satu kolaborasi yang dianggap paling potensial dan memiliki dampak sosial besar adalah startup atau perusahaan rintisan dibidang ekonomi kreatif dan digital. Sebab, selain fashion dan kuliner, selanjutnya sub sector games, musik dan film juga mengalami peningkatan yang cukup baik.

“Konsep kampus yang merdeka ini pada dasarnya untuk mendapatkan kualitas pembelajaran yang lebih berkualitas. Ini merupakan sebuah implementasi dari visi misi yang dimiliki oleh Presiden Joko Widodo guna menciptakan adanya SDM yang lebih unggul,” lanjut Purnomo.

Polimedia memiliki 14 program studi dengan empat Jurusan serta memiliki Program studi di Luar Kampus Utama di Makassar dan Medan. Fokus Polimedia mencetak sumber daya manusia yang memiliki kompetensi di bidang Industri kreatif dan digital, karena Indonesia memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan industri kreatif.

Sumber berita: metro.sindonews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *